Widget HTML #1

Analisa Usaha Toko Ban Motor berdasar Penelitian

analisa usaha toko ban motor

Tokonfline - Halo, Flen! Melalui postingan ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai analisa usaha toko ban motor.

Jadi, bagi Anda yang ingin membuka usaha ban motor, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan peluang usaha, kelebihan serta kekurangan, dan juga berapa modal yang perlu Anda keluarkan untuk membuka toko ban ini.

Untuk mendapatkan semua informasinya, silakan simak penjelasan kami berikut ini:

Apa Itu Toko Ban Motor?

Toko ban motor adalah jenis toko yang menyediakan berbagai macam merk ban motor. Sejauh ini, terdapat 2 jenis ban luar bagi sepeda motor, yakni ban motor konvensional yang masih memakai ban dalam (tube type) dan juga ban tubeless.

Akan tetapi, umumnya, harga ban tubeless justru sedikit lebih mahal daripada ban konvensional. Selain itu juga, ada banyak lho produsen ban di Tanah Air kita yang bisa digunakan sebagai pilihan dengan menyesuaikan keuangan/budget dan juga ukuran velg yang hendak kita gunakan.

Misal, umumnya skuter matik atau skutik kerap menggunakan velg berdiameter 14 inci, seperti motor Honda BeAT yang series, Yamaha Mio syang series juga, Honda Vario, dan tentunya masih banyak lagi. Mulai dari merk ban Swallow, Battlax, dan Michellin, IDR, sampai Federal.

Bagaimana Analisa Usaha Toko Ban Motor?

Untuk menganalisa usaha ban motor ini, kami akan menguraikannya sebagai berikut:

Peluang Usaha Toko Ban Motor

Bisnis atau usaha ini terbilang menjanjikan dan kerap memberikan keuntungan karena sifatnya continuiti. Jika bisnis ini bisa berjalan dalam jangka yang cukup panjang secara terus menerus, praktis  kuntungan bisa diraih dengan lebih cepat untuk menutup modal yang sudah dikeluarkan. 

Terus ingat juga bahwa sepeda motor memiliki pasar yang sangat besar di Indonesia. Sehingga, pemilik motor kemungkinan besar akan terus mengganti ban motornya selama kurang lebih dua bulan sekali. Peluang usaha ini, bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis mengingat sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan utama transportasi orang Indonesia.


Kelebihan Usaha Toko Ban Motor

Kelebihan usaha di bidang ini adalah ban motor tidak akan mengalami yang namanya basi. Sebab, selama ban motor belum terjual, maka itu adalah uang simpanan Anda yang kelak akan terjual juga. Mulai dari ban motor yang harganya murah hingga fantastis, akan selalu terjual.

Kelebihan Usaha Toko Ban Motor


Kekurangan Usaha Toko Ban Motor

Salah satu kekurangan usaha ini adalah banyaknya kompetitor yang juga sudah membuka usaha ban motor. Apalagi usahanya itu sudah sangat terkenal cukup lama. Jadi untuk mendirikan usaha ini dari awal sampai besar butuh effort yang besar bagi Anda agar bisa bersaing dengan toko ban motor yang sudah terkenal itu.

Meminimalisir Risiko Usaha Toko Ban Motor

Kami berpikir bahwa berbisnis produk otomotif akan memiliki masa kadaluarsa yang sangat lama. Disamping itu juga, pengguna sepeda motor seperti yang kita ketahui terus bertambah setiap harinya.

Ini artinya, Anda akan tetap bisa menjual produk seperti ban, oli mesin, aki, dan beberapa produk lainnya untuk sepeda yang kemudian sejalan dengan pertumbuhan para pemilik sepeda motor, tanpa takut yang namanya kerugiaan sebab harus meregulasi semua stok produk.

Berapa Modal untuk Membuka Usaha Toko Ban Motor?

Berdasar penelitian kami, untuk modal yang dikeluarkan guna membuka usaha toko ini adalah, minimal 5 juta rupiah saja. Uang segitu, kalkukasinya adalah sebagai berikut:

1. Tempat Sewa

Bagaimanapun juga saat kita membuka usaha, butuhlah yang namanya tempat untuk menjual produk-produk yang kita miliki. Termasuk juga usaha ban motor, ia membutuhkan tempat. Kalau Anda ingin memiliki tempat, berarti pilihannya adalah sewa atau membeli.

Sewa tempat per bulan minimal 1 juta.

2. Membeli peralatan

Peralatan yang harus Anda miliki yaitu kunci, kompa, dan kompresor. Ketiganya harus Anda sediakan. Dan ketiganya juga membutuhkan modal setidaknya 1,5 juta rupiah. Ingat bahwa peralatan harus diutamakan dulu.

3. Melengkapi barang sesuai produk yang laku

Tidak perlu langsung komplit untuk usaha toko ban ini, sediakan saja ban merk Federal dan IRC yang murah, yang kerap digunakan oleh pengendara motor saat ingin mengganti ban motonya. Jangan lupa juga sediakan barang seperti oli, produk ban di pasaran yang laku. Jangan langsung kumplit kalau modal Anda sederhana, yang penting nyedian ban yang laris di pasaran. Itu saja.

Agar Anda mudah memahaminya, silakan tonton videonya di sini:


Itulah barangkali penjelasan kami soal analisa usaha toko ban motor.

Sekian.

TOKONFLINE
TOKONFLINE Tokonfline adalah situs besar yang membahas seputar dunia toko.

Posting Komentar untuk "Analisa Usaha Toko Ban Motor berdasar Penelitian"