Widget HTML #1

5 Cara Membuka Toko Perlengkapan Outdoor [Lengkap]

Cara Membuka Toko Perlengkapan Outdoor


Tokonfline - Per tahun 2016 sampai sekarang, banyak anak muda hingga orangtua yang melakukan aktivitas di luar rumah. Mulai dari traveling, hiking, dan masih banyak lagi.

Hal ini dapat kita buktikan bahwa, banyak sekali komunitas pecinta alam. Hampir di setiap kota, keberadaannya terlihat dengan jelas.

Nah salah satu jenis toko yang diuntungkan dengan banyaknya komunitas hiking, adalah toko peralatan outdoor. Bahkan sebagian orang yang berjualan alat-alat outdoor, anak hiking itu sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik berbisnis di bidang ini?

Kalau terpikat, sebaiknya baca artikel cara membuka toko perlengkapan outdoor ini sampai tuntas. Sebab, lewat postingan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap.

Baik, mari kita mulai.

Apa Itu Toko Perlengkapan Outdoor?

Toko perlengkapan outdoor adalah jenis toko yang menyediakan alat-alat khusus untuk berkegiatan di luar rumah, utamanya beraktivitas di alam.

Ciri toko ini biasanya menjual barang-barang seperti carrier, jaket gunung, trekking pole, sepatu & sandal gunung, tenda, sleeping bag, gaiters, dan lain-lain.

Barang-barang tersebut merk-nya beragam. Merk perlengkapan outdoor biasanya meliputi Eiger, Alpina, Avtech, REI, Patagonia, Fjällräven, Arc'teryx, dan banyak lagi tentunya.

Oleh karena merknya banyak banget, maka harga perlengkapan outdoor pun bervariasi. Ada yang sedang, murah, dan mahal. Ini tergantung berapa budget yang Anda miliki.

Untuk mendapatkan sebagian barang outdoor di atas, caranya mudah. Anda bisa langsung membelinya ke distributor maupun ke reseller perlengkapan outdoor via marketplace.

Di Kota Mana Saja Toko Perlengkapan Outdoor?

Seperti yang sudah kami sampaikan bahwa hampir di tiap kota, pasti ada satu toko yang menyediakan berbagai alat outdoor. Entah itu toko perlengkapan outdoor di Bali, Jakarta, Bandung, Jogja, Cirebon, Surabaya, dan lain-lain.

Berikut beberapa nama toko bagi Anda yang ingin membeli berbagai jenis alat outdoor.

Nama Toko Perlengkapan Outdoor di Bali

-Golden Avatar Outdoor
-Toko Petualang
-Eiger Teuku Umar Store

Toko Perlengkapan Outdoor di Jakarta

-TSP Camp Outdoor
-Adventurer Shop Indonesia
-Naik Gunung.Com

Toko Perlengkapan Outdoor di Bandung

-Kawani Sarana Petualang
-Oase Outdoor Bandung
-Samagaha Outdoor Shop

Selain tiga kota di atas, banyak juga toko peralatan outdoor terdekat yang dapat Anda kunjungi.

Bagaimana Cara Membuka Toko Perlengkapan Outdoor?

Cara Membuka Toko Perlengkapan Hiking

1. Menyiapkan modal buat buka toko

Modal merupakan cara pertama untuk menggapai keinginan Anda dalam berbisnis ini. Baik itu modal uang maupun keberanian. Keduanya harus sejalan dengan baik.

Berapa kira-kira modal untuk buka usaha toko perlengkapan outdoor? Minimal, Anda harus memiliki uang setidaknya 15 juta. Kalau sudah ada modal segitu, maka aplikasikan modal keberanian dan keyakinan.

Maksud kami, berani dan yakin aja bahwa usaha ini bakal menguntungkan. Sebab, orang yang hobi naik gunung sudah semakin banyak eksistensinya.

2. Mencari lokasi toko

Lokasi toko paling strategis biasanya terletak di pinggir jalan. Maka dari itu agar pembeli mudah mengenali toko Anda, maka usahakan toko Anda berada di samping jalan. Entah itu dekat dengan rumah makan yang rame maupun dekat dengan alun-alun kota.

Jadi, mulai sekarang, Anda harus nyari lokasi toko yang tepat.

3. Membuat izin toko

Syarat izin toko gampang saja. Anda tinggal membikinnya dengan mencontoh surat-surat yang sudah pernah dibuat oleh toko lain. Anda pun mesti bertanya juga kepada orang yang memahami hal ini. Baik itu harus kepada siapa surat ini dikirimkan, apa saja peraturan yang wajib ditaati, dan lain-lain.

Semua dapat Anda ketahui melalui komunikasi dengan orang yang sudah membuat toko di sisi jalan tersebut.

4. Melengkapi semua perlengkapan outdoor

Paling oke, usaha ini langsung aja dilengkapan semua alat dan barangnya. Seenggaknya, mana yang sekiranya bakal dicari pembeli. Jangan sampai, baru buka usaha, barangnya malah belum ada.

Ingat bahwa orang-orang yang datang ke toko Anda itu biasanya orang komunitas. Ketika perlengkapan yang mereka cari tersedia di toko Anda, maka mereka bakal merekomendasikannya ke orang atau ke komunitas lainnya.

5. Mencari Relasi dan Support System

Relasi toko peralatan outdoor, tidak jauh dari supplier, distributor, dan komunitas. Dekati ketiganya. Dengan demikian, usaha Anda bakal berkembang.

Kalau sudah mendapatkan ketiganya, maka mulai lah mencari support system, seperti rekan komunitas untuk diajak kerja dan juga reseller.

Apa Saja Langkah Awal untuk Membuka Usaha Toko Perlengkapan Outdoor?

1. Awali dengan Rasa Suka

Rasa suka di sini, dalam arti, Anda harus mencintai dulu aktivitas outdoor. Seperti sesekali ikut naik gunung dengan teman dan juga komunitas gunung yang ada di daerah Anda.

Dengan begitu, Anda bakal tahu peralatan apa saja yang mereka kenakan.

2. Berjanji Melakukan Pelayanan Terbaik

Berjanjilah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung atau pembeli yang datang ke toko Anda. Layani mereka semaksimal mungkin.

Saat barang tidak tersedia, Anda bisa menanyakan, dari komunitas mana calon pembeli Anda itu. Lalu, setelah barang disediakan, Anda kontek lagi orangnya dengan harapan, mereka mau membeli barang ke toko milik Anda.

3. Lakukan Pemasaran Online

Saat ini, pemasaran online sedang bagus-bagusnya. Maka dari itu, Anda harus memaksakan diri untuk membuat Google Bisnis, website, marketplace, dan itu semua dilakukan guna memunculkan keberadaan usaha Anda.

4. Mendekati Komunitas Pecinta Alam

Datangi dan ajak ngobrol berbagai komunitas. Minta saran kepada mereka terkait alat apa saja yang harus selalu ada. Bahkan, suruh ikut kerja di toko outdoor Anda. Dengan begitu, Anda bakal mempunyai banyak relasi komunita.

5. Rancang konsep sewa

Jika Anda kepikiran untuk menyewakan barang, perlu banget meminta identitas penyewa. Bukan hanya meminta KTP-nya, tapi suruh menandatangi data-data yang Anda sediakan. Rekam juga raut wajahnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mudah kecolongan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk referensi, silakan tonton ini.


Bagaimana Peluang Usaha Toko Perlengkapan Outdoor?

Peluang usaha ini terbilang menjanjikan. Ada tiga poin yang dapat menunjang kesuksesan membuka usaha toko peralatan outdoor. Poin pertama, jalur pendakian semakin kesini semakin padat merayap. Hal ini terjadi karena banyaknya orang yang menyukai kegiatan hiking. Itu artinya, mereka adalah calon konsumen Anda.

Poin kedua, semakin membludaknya komunitas hiking. Dan poin ketiga, pesaing offline terhitung sedikit. Aalsan kompetitor sedikit karena hobi naik gunung adalah hobi yang sangat mahal. Mahal perlengkapan dan peralatannya. Oleh sebab itu, modal 15 juta pun masih kurang cukup untuk melengkapi semua peralatan outdoor.

Singkatnya, peluang ini lumayan menguntungkan. Semakin besar modal, semakin lengkap barang yang tersedia. Kredibilitas usaha Anda kalau barangnya lengkap akan dianggap luar biasa oleh para pendaki. Sebab, perlengkapan ini erat hubungannya dengan kebutuhan.

Strategi Apa untuk Meningkatkan Penjualan Perlengkapan Outdoor Lengkap?

Ada dua strategi brilian..

Strategi pertama, mulailah berjualan secara online. Promosikan toko dan usaha Anda ke berbagai komunitas yang berada di daerah Anda atau daerah terdekat di kota Anda. Anda bisa mempromosikannya lewat grup Facebook.

Strategi kedua, jadikan toko Anda sebagai tour guide. Untuk menciptakan strategi ini, seperti yang kami bilang, Anda mesti punya karyawan yang aktif ke gunung dan aktif di komunitas. Sehingga, jika konsep sewa tadi digunakan, ini akan berhasil!

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap dari kami mengenai cara membuka toko perlengkapan outdoor. Semua penjelasan di atas berdasar pada penelitian dan cerita-cerita dari orang lain. Kami berharap, semoga Anda dapat mengambil manfaat dari postingan ini.

TOKONFLINE
TOKONFLINE Tokonfline adalah situs besar yang membahas seputar dunia toko.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuka Toko Perlengkapan Outdoor [Lengkap]"